Fosil Reptil Era Pra-Dinosaurus Ditemukan di Brasil
Tekno & SainsNewsHot

Foto: reuters

Jakarta, tvrijakartanews - Ahli paleontologi Brasil mengumumkan bahwa mereka menemukan fosil reptil yang hidup di bumi pada periode Trias pertengahan-akhir, sebelum dinosaurus ada. Penemuan yang dilakukan di negara bagian selatan Rio Grande do Sul ini merupakan penemuan keempat di dunia, sebelumnya hanya ditemukan di Tiongkok dan Argentina, dan merupakan yang pertama di Brasil.

“Gracilisuchidae adalah organisme langka dalam daftar fosil. Hingga saat ini, kami hanya melihat tiga spesies: dua di Tiongkok dan satu di Argentina. Maka penemuan Parvosuchus aurelioi menjadikan jumlah spesies yang diketahui di dunia menjadi empat. Ia adalah Gracilisuchidae pertama yang tidak dipertandingkan di Brazil,” kata Rodrigo Temp Muller, Paleontologis di Federal University of Santa Maria.

Dikutip dari reuter edisi 21 Juni 2024, para peneliti mengantisipasi bahwa penemuan ini akan memberikan wawasan yang signifikan mengenai evolusi pseudosuchia, garis keturunan yang berevolusi menjadi buaya modern.

“Ketika dinosaurus muncul, di akhir sejarah evolusi Bumi, Gracilisuchidae telah punah sepenuhnya. Beberapa fosil menunjukkan bagaimana mereka menjadi lebih kecil hingga panjangnya 30 sentimeter (11,8 inci). Ada juga keturunan lain yang kemudian menjadi aligator dan buaya,” imbuh Rodrigo.